Home » » Makanan-Makanan yang Membuat Menstruasi Teratur

Makanan-Makanan yang Membuat Menstruasi Teratur

Written By samsul plur on Thursday, June 27, 2013 | 4:09 AM

Menstruasi adalah sebuah siklus bulanan yang pasti dialami wanita. Hal ini menandakan bahwa wanita masih subur dan sehat. Namun ada kalanya juga menstruasi menjadi begitu mencemaskan.

Hal ini karena gaya hidup dan makanan yang membuat menstruasi tidak teratur. Banyak wanita yang cemas karena mengira ada masalah serius dengan organ wanitanya. Well, bila belum terlalu serius, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan berikut ini.

1. Salmon

Salmon memang merupakan makanan mewah yang terkenal dengan kandungan gizi yang juga kaya. Konsumsi salmon secara teratur bisa membantu meningkatkan kolagen di tubuh. Selain itu, salmon mampu memberikan Anda kestabilan hormon yang baik. Hal ini karena kandungan kalsium, vitamin D dan berbagai gizi lainnya yang bermanfaat, sehingga Anda tak mudah stres dan menstruasi Anda bisa datang tepat waktu.

2. Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan di dalamnya antara lain vitamin A, B, C, K dengan tambahan antioksidan, zat besi dan serat yang kaya. Kandungan folat dan vitamin B dalam brokoli mampu mencegah depresi yang menjadi salah satu pemicu tidak teraturnya wanita saat menstruasi dan tidak sehatnya kita saat periode bulanan tersebut.

3. Wijen

Meski wijen itu kecil, namun memiliki manfaat yang besar. Konon, mengonsumsi wijen bisa membantu kondisi tubuh Anda tetap sehat  karena kandungan vitamin E, serat dan asam lemak tak jenuh. Anda bisa melahap onde-onde atau konsumsi makanan dengan taburan wijen. Namun tidak disarankan makan wijen terlalu banyak karena menyebabkan tubuh lebih panas.

4. Susu Kedelai

Konsumsi susu kedelai bisa membuat menstruasi lebih lancar. Anda bisa konsumsi kedelai itu sendiri untuk mempercantik kulit, mengatur lingkar pinggang dan menjaga kesehatan. Susu kedelai baik bagi Anda yang nyeri haid tapi malas untuk makan. Selain bisa jadi tambahan tenaga, nutrisi dalam segelas susu kedelai mampu menjaga kesehatan tubuh dan sistem reproduksi.

5. Telur

Pilihlah telur rebus daripada telur goreng. Protein yang dikandungnya memiliki manfaat yang baik seperti kedelai dalam membantu mengatur siklus menstruasi Anda. Telur juga mampu menjaga sistem hormonal Anda dan menjaga Anda tetap bertenaga serta fokus saat sedang menstruasi.

Beberapa makanan di atas bisa juga digantikan dengan alternatif lain seperti sayur bayam, kacang-kacangan, buah dan ikan laut lainnya. Konsumsi makanan yang tak terlalu dingin dan panas serta yang masih segar, bisa menjaga agar sistem tubuh Anda tidak terganggu, apalagi saat menstruasi.

Selain itu hindari juga terlalu banyak kegiatan namun kurang istirahat, karena makanan, aktivitas dan istirahat harus berimbang agar tubuh selalu stabil.