Home » » Inilah Gejala-Gejala Awal Kehamilan Wanita

Inilah Gejala-Gejala Awal Kehamilan Wanita

Written By samsul plur on Thursday, June 13, 2013 | 7:56 PM

Pada Kesempatan kali ini cara cepat hamil akan share tentang Apa saja gejala-gejala atau tanda-tanda awal kehamilan wanita?  bagi anda yang belum sepenuhnya tahu mungkin menganggap belum hamil dan sakit biasa. Tapi anda harus mengetahuinya saat ini juga karena penting untuk anda persiapkan terlebih dahulu dalam menghadapi kehamilan ini.

Ada beberapa faktor lain yang menandai datangnya kehamilan. Bagi Anda yang telah menikah, sangat penting untuk mengetahui hal ini. Pengetahuan akan hal ini sangat membantu Anda dalam mempersiapkan kehadiran sang buah hati. Sebaliknya, tidak mengetahui hal ini akan menyebabkan Anda tidak tahu pasti apakah Anda sudah memasuki masa kehamilan atau belum. Akibatnya, Anda bisa saja mengabaikan kehamilan Anda dan akhirnya berakhir dengan keguguran.



Berikut beberapa tanda-tanda awal kehamilan yang sangat penting untuk Anda ketahui:

  • Perubahan Payudara
    Ketika Anda memasuki masa-masa kehamilan, maka akan terjadi perubahan pada payudara Anda. Meningkatnya hormon estrogen dan progesteron menyebabkan payudara membesar, puting susu membesar dan warnanya akan semakin gelap, kadang terasa gatal, sakit atau nyeri saat dipegang. Dan membesarnya atau menegangnya payudara Anda pada masa ini akan menyebabkan pembuluh vena pada payudara terlihat.
    Hormon HPL (Human Placental Lactogen) aktif pada masa-masa kehamilan untuk mempersiapkan ASI bagi bayi Anda kelak.
  • Munculnya Bercak Darah atau Flek yang Diikuti Kram Perut
    Ketika Anda memasuki masa kehamilan, akan muncul bercak darah yang seringkali disalah artikan sebagai menstruasi. Bedanya, bercak darah ini biasanya diikuti oleh kram perut. Kram perut akan Anda rasakan hingga memasuki trimester kedua kehamilan, yakni saat uterus berada di tengah dan disanggah oleh panggul.
    Bercak darah yang Anda alami merupakan hal normal yang disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Bercak darah akan Anda alami antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi.
  • Sembelit
    Setiap wanita hamil akan mengalami sembelit. Kenapa? Karena ketika Anda hamil, hormon progesteron di dalam tubuh Anda akan meningkat. Peningkatan ini akan menyebabkan otot-otot rahim dan otot-otot dinding usus mengendur. Mengendurnya otot-otot dinding usus ini menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Namun dengan adanya kondisi ini, akan memudahkan penyerapan nutrisi.
  • Rasa Lelah dan Mengantuk Berlebih
    Rasa cepat lelah dan ngantuk adalah hal yang wajar dalam masa kehamilan. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormonal dan meningkatnya kinerja organ-organ vital dalam tubuh seperti jantung, ginjal dan paru-paru. Organ-organ vital ini tidak hanya bekerja untuk mencukupi kebutuhan Ibu, tapi juga untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.
  • Sering Meludah
    Sering meludah merupakan salah satu tanda-tanda kehamilan di trimester pertama. Kebiasaan ini akan menghilang di trimester kedua kehamilan. Sering meludah terjadi akibat adanya pengaruh perubahan hormon estrogen.
  • Suhu Tubuh Naik
    Setelah terjadi ovulasi, suhu tubuh akan naik dan akan terus bertahan selama masa kehamilan.
  • Sering Buang Air Kecil
    Ketika Anda memasuki masa kehamilan, maka Anda akan sering buang air kecil. Hal ini normal terjadi. Jangan menahan atau membatasinya. Dan untuk menghindari terjadinya dehidrasi, maka Anda harus meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh Anda.
    Secara ilmiah dijelaskan bahwa meningkatnya keinginan buang air kecil ketika Anda hamil disebabkan oleh janin yang tumbuh dalam rahim menekan kandung kemih, yang mengakibatkan meningkatnya sirkulasi darah dan kandung kemih pun lebih cepat dipenuhi urin. Selain itu peningkatan rasa ingin buang air kecil juga disebabkan oleh peningkatan hormon kehamilan.
  • Pusing
    Pusing atau sakit kepala ketika memasuki masa kehamilan disebabkan oleh banyak hal, di antaranya karena rasa lelah,  mual, lapar dan tekanan darah rendah. Selain itu, rasa pusing ini juga disebabkan oleh emosional yakni adanya rasa tegang dan depresi, serta  peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh.
  • Morning Sickness
    Selain terlambat datang bulan, morning sickness (mual pagi hari) adalah tanda yang paling sering dialami perempuan ketika memasuki masa-masa kehamilan. Morning sickness disebabkan oleh peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) secara tiba-tiba dalam aliran darah dan saluran kencing. Itulah sebabnya mengapa Anda menggunakan media air seni saat melakukan tes kehamilan dengan test pack. Alat ini dapat mengukur terjadinya peningkatan hormon HCG dalam air seni Anda.
    Rasa mual dan pedih di lapisan perut yang Anda rasakan juga disebabkan oleh peningkatan hormon HCG. Rasa mual yang dirasakan wanita seringkali berbeda-beda. Walau banyak yang merasakan mual pada pagi hari, ada juga yang merasakannya di siang atau malam hari, bahkan ada wanita yang tiba-tiba mual ketika mencium aroma atau wewangian tertentu.
    Periksakan ke dokter ahli ketika Anda masih mengalami morning sickness pada trimester kedua kehamilan. Karena normalnya, morning sickness akan menghilang ketika Anda memasuki masa kehamilan di trimester ini.