Home » » Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita dan Pria Agar Cepat hamil

Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita dan Pria Agar Cepat hamil

Written By samsul plur on Wednesday, May 29, 2013 | 8:39 AM

Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita dan Pria Agar Cepat hamil - Kali ini tim cara cepat hamil akan share seputar kesuburan rahim, dan cara mengingkatkan kesuburan baik wanita atau pria. nah ada beberapa tips untuk anda yang ingin meningkatkan kesuburan si wanita agar dia bisa cepat hamil. karena sebagian besar wanita yang tidak bisa hamil di karenakan kesuburan rahim kurang, maka dari itu baca beberapa tips kali ini :

  • Akupuntur
    Metode yang belakangan sering digunakan untuk mengganti terapi hormon dalam meningkatkan kesuburan adalah metode akupuntur. Akupuntur memiliki nilai lebih dibanding terapi hormon karena tidak menyebabkan efek samping yang merugikan.
    Terapi akupuntur ini dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma suami Bunda. Jika Bunda dan suami berencana menjalankan prosedur IVF (In Vitro Fertilization), Bunda bisa mencoba cara ini. Menurut beberapa penelitian, akupuntur dianggap dapat meningkatkan prosedur IVF tanpa memberikan efek samping yang merugikan bagi tubuh.

  • Mengkonsumsi Nutrisi Peningkat Kesuburan 
    Bunda… ternyata makanan yang Bunda konsumsi sangat mempengaruhi kesuburan, lho! Karena itu ada baiknya Bunda mengetahui makanan apa saja yang dapat membantu Bunda dalam meningkatkan kesuburan tersebut.
    Untuk meningkatkan kesuburan, baik pria maupun wanita, mengkonsumsi multivitamin dan vitamin B kompleks bisa menjadi salah satu pilihan. Dan bagi Bunda yang sedang merencanakan kehamilan, disarankan untuk mengkonsumsi 400-800 mcg asam folat tiap hari untuk mencegah berbagai penyakit cacat lahir.
    Selain itu, untuk mencegah terjadinya siklus datang bulan yang tidak teratur dan resiko keguguran yang lebih tinggi, sebaiknya Bunda  mencukupi asupan protein, zat besi/zinc dan vitamin C. Jenis protein yang bisa dikonsumsi di antaranya daging, ikan, produk susu rendah lemak, telur dan kacang-kacangan.
    Sedang untuk suami Bunda yang ingin meningkatkan kesuburan yakni meningkatkan jumlah dan pergerakan sperma, disarankan untuk mengkonsumsi vitamin C, zinc, asam folat dan vitamin E. Dosisnya masing-masing sebagai berikut; 500-1000 mg vitamin C per hari, 400 IU vitamin E per hari, 15-25 mg Zinc per hari dan 400-800 mcg asam folat per hari.

  • Mengoptimalkan Fungsi Kelenjar Thyroid
    Siklus hormon dan kesuburan wanita juga dipengaruhi tinggi rendahnya kelenjar thyroid. Gejala yang ditimbulkan dari ketidakseimbangan kelenjar ini di antaranya tangan dan kaki yang dingin, kulit kering, sembelit, serta berkurangnya ketajaman otak dan mental. Karena itu, bagi Bunda yang mengalami ini sebaiknya mengoptimalkan fungsi kelenjar thyroid.

  • Jaga Berat Badan
    Menjaga berat badan tidak hanya untuk menampilkan tubuh ideal tapi juga untuk menjaga tingkat kesuburan. Jika Bunda memiliki berat badan berlebih (terlalu gemuk), maka tubuh akan memproduksi banyak hormon. Hormon yang terlalu banyak ini akan menyebabkan proses ovulasi terganggu. Siklus ovulasi akan menurun sehingga kesempatan Bunda untuk hamil juga akan menurun. Dan jika Bunda terlalu kurus, bisa saja tubuh Bunda tidak memproduksi cukup hormon untuk proses ovulasi atau untuk mempertahankan kehamilan bila pembuahan bisa terjadi. Jadi, Bunda sebaiknya menjaga berat badan dengan makan dan olahraga teratur.
  • Jangan Merokok
    Dalam kemasan rokok, Bunda pasti sudah tidak asing dengan kalimat yang menyatakan bahwa rokok dapat menyebabkan banyak penyakit. Itulah sebabnya Bunda dan suami yang ingin segera mendapatkan keturunan sebaiknya menghindari rokok. Racun rokok bisa merusak sel telur dan mengganggu proses pembuahan serta membuat rahim menjadi lebih tua.
  • Jangan Stres
    Selain tidak baik untuk kesehatan, ternyata stres juga dapat menurunkan peluang Bunda untuk mendapatkan kehamilan. Stres mengganggu produksi hormon, sehingga siklus datang bulan tidak teratur. Hal ini dibuktikan oleh penelitian di Denmark yang melibatkan 393 pasangan yang sedang berusaha memiliki anak. Mereka menemukan bahwa peluang wanita untuk hamil menurun pada bulan ketika mereka mengalami stres. Karena itu ketika Bunda mengalami stres maka lakukanlah relaksasi atau melakukan hobi yang Bunda sukai.

  • Lebih Rutin Melakukan Hubungan Intim
    Jika Bunda dan suami ingin mendapatkan momongan, maka Bunda harus melakukan hubungan intim secara rutin saat Bunda berada dalam masa subur dan saat kualitas sperma suami sedang baik-baiknya.