Home » » 10 Tanda - Tanda Kehamilan Wanita

10 Tanda - Tanda Kehamilan Wanita

Written By samsul plur on Sunday, May 19, 2013 | 10:27 PM

10 Tanda - Tanda Kehamilan Wanita - Alhamdulillah di hari yang cerah ini kami bisa update artikel kembali yang bertujuan untuk berbagi ilmu kepada anda semua. Nah pada kali ini kami akan membahas tentang tanda-tanda yang dialami oleh seorang wanita yang akan hamil.
Hamil merupakan sesuatu yang sangat di tunggu-tunggu oleh seseorang yang baru menikah dan ingin berumahtangga. Tapi jika seseorang saat ini tidak tahu akan kehamilannya dan tidak tahu apa ciri-ciri orang yang lagi hamil, anda tidak perlu bingung karena kami akan memberi 10 ciri-ciri wanita yang hamil. Berikut ciri-ciri wanita hamil :


  • Mual dan muntah  Banyak wanita mengalami mual dan muntah pada 3 bulan pertama kehamilan. Simpton ini dikenal sebagai morning sickness, walau bisa terjadi kapan saja sepanjang hari. Mual dan muntah adalah hal biasa di awal kehamilan. Beberapa wanita membutuhkan waktu yang lebih hingga rasa mualnya benar-benar hilang. 
  • Dua buah payudara membengkak  Ciri-ciri yang pertama ditandai dengan membengkaknya ukuran payudara dari ukuran normal dan sedikit nyeri akibat meningkatnya kadar hormon dalam tubuh. Namun, rasa ketidaknyamanan setelah trimester pertama.

  • Merasa lelah dan letih  Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Namun, dimungkinkan karena adanya peningkatan kadar hormon progesteron yang menyebabkan si calon ibu mengantuk.

  • Terjadi pendarahan atau flek  Salah satu tanda-tanda kehamilan yang terjadi pada beberapa wanita adalah timbulnya pendarahan sekitar 11-12 hari setelah pembuahan. Hal ini terjadi karena sel telur yang telah dibuahi yang masuk ke dalama lapisan yang kaya akan darah di uterus Anda. Pendarahan yang terjadi tidak banyak, biasanya tampak seperti noda merah, pink atau agak kecoklatan dan berakhir dalam 1-2 hari. Sebaiknya segera hubungi dokter jika anda mengalami pendarahan yang diikuti dengan rasa sakit, karena mungkin hal tersebut merupakan tanda kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan).

  • Lebih sensitif terhadap bau-bauan  Arom-aroma tertentu (yang biasanya menyengat) terkadang menimbulkan ketidaknyamanan tersendiri bagi sebagian wanita hamil. Dimungkinkan ini akibat meningkatnya kada estrogen pada tubuh.

  • Sering Buang Air KecillHal ini terjadi karena pada masa kehamilan, jumlah darah dan cairan tubuh meningkat sehingga cairan yang diproses di ginjal juga meningkat yang akhirnya bermuara ke saluran kencing anda. Biasanya gejala ini muncul di awal minggu ke 6 hingga trimester pertama. Anda akan semakin rajin buang air kecil seiring dengan semakin bertambahnya usia kehamilan dan pertumbuhan bayi yang semakin menekan kantung kencing.
     
  • Terlambat datang bulan

    Jika anda memiliki siklus mensruasi yang cukup teratur kemudian tiba-tiba menstruasi anda terlambat, anda dapat mencoba melakukan test kehamilan meskipun anda belum merasakan gejala-gejala tersebut sebelumnya. Akan tetapi jika menstruasi anda tidak teratur, maka tanda-tanda sebelumnya dapat dijadikan pertimbangan kemungkinan kehamilan pada diri anda.
  •  Terjadinya kenaikan suhu tubuhHal ini terjadi selama 18 hari dan merupakan tanda bahwa anda hamil.
  •  Tanda positif pada hasil test kehamilan  Anda dapat melakukan pemeriksaan sendiri kehamilan anda . Anda dapat menggunakan testpack yang cukup sensitif membaca tanda kehamilan hingga kurang lebih seminggu setelah terlambat datang bulan. Jika anda melakukan tes lebih awal hasilnya negatif, ada baiknya jika anda mencoba tes lagi beberapa hari berikutnya. Jika pada akhirnya anda menemukan hasil positif, maka periksalah ke dokter untuk lakukan tes lanjutan.
  •  Lebih sensitif terhadap bau-bauan  Arom-aroma tertentu (yang biasanya menyengat) terkadang menimbulkan ketidaknyamanan tersendiri bagi sebagian wanita hamil. Dimungkinkan ini akibat meningkatnya kada estrogen pada tubuh.
  • Perut kembung  Perut kembung seperti yang dirasakan pada beberapa wanita sebelum datang bulan dapat disebabkan karena perubahan hormonal. Karena itulah, terkadang baju terasa sesak pada bagian pinggang meskipun kandungan masih kecil.